Material
March 2012

Aluminium Arsitektural: Tidak Lagi Sekadar Kusen

IMG_0220

Lapisan tertentunya membuat bisa diaplikasikan di aneka gaya bangunan.

Oleh: Yuniar Susanto

Menggunakan kusen bermateri aluminium kini makin lazim. Tidak saja pada bangunan-bangunan baru, tidak sedikit bangunan lawas yang direnovasi pun menggunakan produk ini. Maklum, materi aluminium dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan kayu, karena mengurangi penebangan pohon dan bisa didaur ulang (recycle). Apalagi saat ini untuk mendapatkan kayu berkualitas baik tidak mudah. Kalaupun ada, harganya tidak murah.

Selain itu, dibandingkan dengan kayu, kusen alumunium juga lebih mudah perawatannya, tinggal dibersihkan dengan air bersih, cairan pembersih kaca, atau cairan pengilap mobil untuk noda membandel. Pintu dan jendela aluminium juga lebih ringan dibanding kayu, bahkan anti karat, anti rayap, tidak keropos, lebih presisi dan tidak memuai susut. Selain ringan, pintu atau jendela aluminium juga tidak berisik saat dioperasikan (buka dan tutup), karena untuk pintu atau jendela geser diberi tambahan roda dari bahan nilon, lalu ditambah karet pengaman (safety rubber), wind stopper yang menjadikan jendela kedap air dan udara.

Umumnya kusen bermateri aluminium ini dijual secara customized (sesuai pesanan) berikut kacanya. Ketebalan kaca bisa dipesan, antara 5–10 mm, tergantung peruntukan. Untuk rumah tinggal misalnya, cukup dengan ketebalan 5–6 mm.

Soal harga jual, saat ini kusen aluminium memang relatif lebih mahal ketimbang kusen kayu secara umum. Biasanya, harga yang ditawarkan sudah termasuk ongkos pasang dan komponen pelengkapnya, seperti engsel, handle dan asesoris lainnya. Agar semua pesanan sesuai harapan, pemesanan sebaiknya melalui distributor resmi pabrikan yang memang menguasai soal aluminium. Namun, distribusinya saat ini masih terbatas di kota-kota besar

Meski terlihat lebih pas untuk rumah bergaya modern, tapi sebenarnya kusen bermateri ini bisa diterapkan pada bangunan bergaya apa saja. Sebab dengan materi ini membuat desain jendela dan pintu menjadi lebih fleksibel. Untuk pintu misalnya, bisa berbentuk lipat (folding door), geser (sliding door), bahkan untuk garasi tersedia desain khusus (garage door). Begitu pun untuk jendela, bisa sliding, buka ke atas (top hung), buka ke samping dengan dua atau satu daun (casement), juga bentuk-bentuk pengoperasian lainnya sesuai kebutuhan.

Selain itu, dengan teknologi terbaru, warna alumunium yang bernuansa metal itu bisa ”dihilangkan”  sama sekali, sebab tinggal diberi lapisan warna yang disuka. Warna finishing antara lain cokelat, hitam dan putih. Lapisan itu juga tak mudah luntur meskipun terkena perubahan cuaca sebab menggunakan teknologi anodise plus atau powder coating untuk exterior

Nah, salah satu produsennya adalah PT YKK AP INDONESIA yang bernaung di bawah YKK Group Japan. Produk utamanya adalah aluminium finished goods berupa kusen dan rangka jendela dan pintu, serta unitized curtain wall untuk fasade bangunan. Produk finished goods-­nya merupakan produk aluminium arsitektural yang sudah berbentuk unit jadi yang telah dirakit dan dikerjakan secara pabrikan, yang antara lain seri Pro-Win, Folding Door, Oredor, EXHIDO dan UCW-125.

Seperti dijelaskan oleh M. Arif Setiawan, General Manager Marketing & Sales PT YKK AP INDONESIA, Pro-Win merupakan jenis produk untuk pintu dan jendela dengan keunggulan pada standar sistem multipoint lock yang memberikan dampak lebih kedap terhadap kebocoran air dan suara. Seri ini juga terdapat lapisan pelindung khusus AP Guard Coat setebal minimum 18 mikron agar tidak mudah kusam, tahan terhadap larutan air semen atau mortar, alkali, larutan pembersih, garam dan sinar matahari. Adapun Folding Door sesuai namanya adalah produk pintu lipat yang bisa dipakai untuk interior, misalnya untuk pembatas ruangan keluarga atau ruang dalam dan taman, sedangkan seri Oredor adalah pintu lipat khusus untuk kamar mandi, baik kering maupun basah.

Produsen yang berbasis di Jepang ini, juga memproduksi aluminium profil batangan Storefront.  Sudah berstandar internasional, kelebihannya, produk ini juga dibuat secara presisi hingga satuan milimeter, serta rancangan lubang screw yang tidak mudah aus. Produk ini dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan yang dapat dikerjakan oleh aplikator PT YKK AP INDONESIA.

Untuk menambah pilihan, YKK AP INDONESIA baru saja mengeluarkan dua produk terbarunya. Yaitu EXHIDO yang merupakan daun pintu berbahan aluminium yang dikombinasikan dengan jendela pandang. Seperti juga produk kusen dan rangkanya, produk anyar ini juga sudah diberi lapisan warna, sehingga tampilannya tak beda dengan daun pintu bermateri kayu. ”Lupakan pintu kayu  yang berat dan sulit perawatannya, apalagi produk ini mempunyai aneka pilihan desain dan warna,” ujar Arif.

Produk lainnya adalah Premium Line-Up yaitu produk yang dikhususkan untuk kusen dan rangka berdimensi super besar (large size series). Maklum, perkembangan desain saat ini yang seringkali menampilkan bukaan berukuran sangat besar, tentu membutuhkan materi pendukung yang pas. Itulah yang mendorong produsen ini membuat seri ini yang terdiri atas produk sliding door, door, casement dan top hung tersebut.

Related Articles

Share

About Author

properti

(0) Readers Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>