Konsultasi
June 2012
interior 01

Tips Pilih Lukisan

Oleh:

Aesthetics Home

Jl. Haji Samali no. 11 Kalibata-Pejaten, Jakarta Selatan 12510

Telp.62-21-7991466


Semua orang pasti mau rumahnya nyaman dengan interior apik yang indah dipandang mata. Oleh karena itulah banyak orang yang rela mengeluarkan uang bahkan dengan jumlah tak sedikit, demi merealisasikan impian tersebut.

Interior yang indah dan berkelas tentu hasil penggunaan furnitur dan pernak-pernik penunjangnya yang pilihan pula. Mulai dari meja, kursi, lampu meja, karpet, sampai lukisan. Apalagi pernik yang disebut terakhir ini seringkali menjadi salah satu koleksi juga yang berharga.

Nah, berbicara soal lukisan, banyak terjadi kasus “salah pilih”. Alih-alih memperindah, tampilan ruang justru “runyam”. Contohnya, sebuah ruang yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga nyaman dan berkelas, jatuh “nilai”-nya gara-gara di ruang tersebut terpasang lukisan yang tidak berkualitas, yang banyak dijajakan di toko-toko suvenir di tempat-tempat wisata. Artinya, peran sebuah lukisan menjadi sangat penting bagi suatu penataan interior. Jadi, lukisan seperti apa dan bagaimana yang harus dipilih? Beberapa tips berikut dapat dijadikan acuan:

  • Pilih lukisan yang benar-benar berkualitas, untuk mengimbangi interior keseluruhan yang juga telah didesain secara indah dan berkelas. Ingat, sebuah lukisan yang bagus pasti juga dihargai cukup tinggi (meski ini relatif). Maksudnya Anda harus rela mengalokasikan sejumlah dana (yang kadang tidak sedikit) untuk sebuah lukisan demi mengimbangi  tatanan interior ruangan Anda.
  • Jangan ragu untuk masuk ke galeri-galeri lukisan demi mendapatkan lukisan bagus yang lebih terjamin kualitasnya. Sebaiknya hindari mencari lukisan di toko suvenir biasa. Tidak perlu curiga dahulu harga di galeri akan mahal, karena biasanya  di galeri tersedia bermacam harga lukisan, dengan rentang cukup lebar. Pilihan memang tergantung dari selera dan kemampuan kantong Anda, tapi petugas sebuah galeri yang bonafid akan dengan senang hati membantu Anda. Mereka akan menjelaskan tentang seluk-beluk lukisan pada Anda, baik mengenai pelukis (dan riwayat)-nya, tema, teknik, aliran. Mereka juga akan mengeluarkan sertifikat yang menyatakan bahwa galeri bersangkutan bertanggung jawab atas keaslian dari lukisan tersebut.
  • Selanjutnya, pilihlah lukisan  dengan tema, corak, warna, dan ukuran yang  sesuai dengan interior ruang Anda. Contohnya, lukisan berbingkai keemasan ukuran besar dengan warna-warni yang ceria khas karya Hendra Gunawan, cocok digantungkan di dinding lebar koridor, bersanding dengan sepasang kursi ala Cina, peti Palembang, karpet Khilim dan aksesori keramik Cina (gambar 1).

  • Untuk ruangan bernuansa monokromatik berdinding lebar, jangan ragu pilih lukisan berbingkai kayu dengan nuansa warna berani, sehingga menjadi aksentuasi, sekaligus menghidupkan suasana. Contohnya, lukisan dengan tema penari Bali karya Srihadi Soedarsono yang tampil memukau menjadi eye-catcher sekaligus menghangatkan susana (gambar 2).

Pada ruang makan–pantry bernuansa klasik, untuk mengisi kekosongan dinding di atas credenza, bisa dipilih lukisan berbingkai klasik keemasan ukuran sedang-besar, bergaya naturalis bergambar penari Bali karya Dullah. Tampak sangat pas dengan interiornya secara keseluruhan (gambar 3).

Tulisan lain dari Aesthetics Home

Share

(0) Readers Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>