Rencana Pengembang
December 2013

Jababeka : Kembangkan Ruang Komersial Mewah

kawasan industri jababeka

Mulai membidik kelas menengah atas, ruang komersial dan rumah-rumahnya ditawarkan dengan harga di atas Rp1 miliar.

Lebih dikenal sebagai pengembang kawasan industri (KI), belakangan aktivitas PT Kawasan Industri Jababeka Tbk lebih terfokus pada pembangunan real estat. Bukan “banting setir”, karena sejatinya pengembang berlabel KIJA di pasar saham ini sudah sejak era 1990-an juga sudah membangun hunian dan ruang komersial, terutama di dalam kawasan industrinya, sebagai pelengkap dan fasilitas.

Pada tahap awal pengembangan, KIJA memang lebih berkonsentrasi untuk membangun kawasan industri. Kalaupun membangun real estat, “Skalanya masih kecil dan diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah,” kata Presiden Komisaris Jababeka Group, Tanto Kurniawan. Dan ketika aktivitas industri terus tumbuh, penghuni real estat juga makin banyak. Saat ini, di kota seluas 5.600 hektar di Cikarang-Bekasi ini sudah ditempati oleh 1.650 pabrik dari 33 negara. “Penghuni” kotanya saat siang hari mencapai satu juta jiwa. “Pada malam hari itu menyusut jadi 400 ribu. Artinya 600 ribu orang datang dari luar Jababeka untuk bekerja di sini,” ungkap Tanto.

Dengan jumlah penghuni sebanyak itu, membuat pembentukan ruang komersial dan real estat baru kian dibutuhkan. Terutama untuk ruang komersial, komunitas yang sudah terbentuk bisa menjadi pasar utamanya. Di saat yang sama, nilai properti sudah menanjak, sehingga mendongkrak harga jualnya.

Tanto mengungkapkan, meski lahan untuk residensial dan komersial masih cukup banyak, tetapi dengan kenaikan nilai itu, membuat harga jualnya bisa lebih tinggi dibandingkan lahan untuk industri. “Bisa berlipat-lipat kali,” katanya lagi.

Dari laporan keuangan KIJA, per 30 Juni 2013, tanah untuk pengembangan yang berlokasi di Cikarang masih berluas 1.055 ha. Tidak dijelaskan secara rinci per peruntukan. Perseroan sendiri memiliki aset tanah di lokasi lain, yaitu di Pandeglang (1.535 ha) dan Kendal (134 ha). Namun melihat lokasinya, KIJA lebih berfokus untuk pembangunan ruang komersial di Cikarang.

Related Articles

Share

About Author

Majalah Properti

(0) Readers Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>